Memory card HP anda rusak? Jangan dibuang dulu, pakai cara ini [Kartu SD]

Mengatasi micro SD eror
Micro SD eror
Makpulsa - SD Card merupakan media penyimpanan external bisa juga disebut memory card untuk menambah ruang penyimpanan pada smartphone android. Jika ditanya seberapa pentingkah kartu memori pada sebuah handphone/smartphone?, perlu kah SD Card untuk menambah ruang penyimpanan? tentu saja SD Card sangat dibutuhkan terutama pada handphone low-end atau yang memiliki spesifikasi rendah.
Tidak hanya berguna untuk menambah kapasitas penyimpanan pada handphone ber spesifikasi rendah, kartu memori ini juga sangat dibutuhkan pada type handphone/smartphone ber spesifikasi tinggi yang sebenarnya memiliki memori telepon yang bisa dibilang cukup besar.

Pelukah menambah memory card?

Memori penyimpanan external untuk handphone sangatlah penting sebagai langkah antisipasi, walaupun secanggih canggih dan sebesar apapun RAM maupun memori penyimpanan handphone tersebut jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti handphone error dan diharuskan untuk reset ulang/factory reset maka mau tidak mau file atau dokumentasi penting yang ada pada handphone tersebut akan ikut terhapus.

Oleh sebab itulah mengapa SD Card sangat diperlukan, dengan adanya kartu memori external pada handphone maka kita dapat mencegah hal tersebut, seperti memback up/menyalin data dari penyimpanan telepon ke kartu memori sebelum melakukan reset ulang jika memang harus dilakukan.

Namun apa yang harus anda lakukan jika terjadi suatu hal yang membuat kartu memori tersebut rusak, apakah anda akan beli yang baru sebagai pengganti?. Memang membeli kartu memori baru akan menyelesaikan masalah dengan cepat dan mudah, namun langkah tersebut bisa dikatakan sebagai pemborosan, kenapa?, karena memori yang rusak sebetulnya masih bisa untuk diperbaiki kembali dengan alat/sotfware seadanya dan tentu saja tidak akan mengeluarkan biaya sepeserpun. Tentu saja langkah ini bisa menghemat biaya.

Nah, disini ada beberapa masalah yang sering terjadi sehingga membuat kartu memori rusak, hal tersebut yakni :

● Rusak karena tidak bisa diformat.
● Rusak karena tidak terbaca sama sekali.
● Muncul notifikasi minta di format.
● Kartu memori rusak parah/total.

Tenang saja, disini saya akan memberikan solusi mengenai beberapa cara mengatasi kartu sd rusak pada android dengan banyak cara yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda sebagai langkah tepat memberbaiki SD Card yang rusak.

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Baik Dan Benar

1. Membersihkan Kartu Memori

Cara termudah mengatasi kartu memori jika terjadi error, tidak terbaca dan minta diformat yakni dengan cara membersihkan kartu memori tersebut, adapun langkahnya sebagai berikut :

● Keluarkan kartu memori dari handphone, pastikan handphone sudah dalam keadaan dimatikan sebelumnya untuk mencegah terjadinya kerusakan lain.
● Bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan  memakai penghapus pensil, atau barang lembut lainnya hingga bersih. Jika anda tidak tau dimana lempengen tembaga, lihat gambar dibawah

● Bersihkan searah agar kotoran tidak kembali lagi ke lempengan tersebut.
● Jika anda merasa bahwa kartu memori sudah bersih, masukkan kembali ke slot memori handphone dan nyalakan handphone anda.
● Cek apakah kartu memori sudah terdeteksi apa belum.

Menurut saya ini merupakan langkah tepat cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa harus memformat.

2. Memformat Melalui Handphone Android

Apabila setelah dibersihkan ternyata masih terjadi error, coba format kartu memori anda. Caranya :

● Masuk ke menu Setting > Storage, gulir kebawah, nanti akan ada pilihan Erase SD Card.
● Klik pilihan tersebut dan tunggu proses selesai, jika selesai coba akses kembali kartu memori tersebut.
● Jika penyimpanan sudah kosong berarti kartu memori sudah berhasil di format.

3. Memformat Melalui Komputer/PC

Tutorial ini hanya boleh dilakukan khusus untuk memory card tidak terbaca di android jika 2 cara diatas tidak berhasil. Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali di android yakni :

● Tancapkan kartu memori ke pc/komputer/laptop anda.
● Buat folder di hardisk komputer dan beri nama yang mudah anda ingat, folder ini digunakan untuk menyimpan semua isi/back up kartu memori yang sudah ditancapkan tadi/yang tidak terbaca di android.
● Copy atau pindahkan semua isi kartu memori ke folder baru yang dibuat tadi tanpa terkecuali.
● Jika sudah kemudian format kartu memori.
Setelah di format, memori akan kembali fresh dan penyimpanan terlihat kosong. Kembalikan lagi file yang ada di folder buatan anda di hardisk yang berisi file tadi ke kartu memori.
● Eject dan cabut kartu memori dari komputer kemudian masukkan ke slot kartu sd handphone dan nyalakan.
● Cek kartu memori sudah terbaca atau belum.

Itulah salah satu cara mengatasi memory card tidak terbaca di android dengan mudah

Cara Memperbaiki SD Card Rusak Dengan Format Menggunakan CMD

Jika dirasa cara diatas menyulitkan buat anda, berikut cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat dengan menggunakan perintah command prompt, caranya :


● Klik Start.
● Pada kolom search programs and files ketikkan CMD kemudian klik enter.
● Nanti akan muncul perintah CMD, ketikkan FORMAT z:/FS:FAT seperti pada gambar

NOTE: ( Z disini adalah letak kartu memori anda, jika di komputer milik anda kartu memori terletak di drive a maka ganti tulisan Z menjadi a ).

Tekan enter kemudian tunggu sampai proses selesai.

5. Format Kartu Memori Menggunakan Software PC Mini Tool Partition Wizard

Kesulitan memformat mengguanakan CMD, pakai software PC mini tool partition wizard aja, caranya :

● Download software nya terlebih dahulu, anda bisa mencarinya di google.
● Instal software tersebut.
● Masukkan kartu memori ke pc menggunakan card reader kemudian buka softwarenya.
● Setelah software terbuka, pastikan kartu memori terdeteksi. Ingat bukan drive, biasanya berduliskan MicroSD/Disk.
● Cari kartu memori anda tadi, jika sudah klik kanan pada kartu memori kemudian delete seperti pada gambar.


● Ikuti proses selanjutnya kemudian tunggu hingga proses berhasil. Dan selamat kartu memori anda sudah terlihat baru.

6. Cara Memperbaiki Memory Card Menggunakan HP Drive Boot Utility

Masih kesulitan?. Tenang saja, masih ada cara lain, yakni menggunakan software HP Drive Boot Utility, caranya :

Download software tersebut, cari di google ya.Instal softwarenya.Masukkan kartu memori milik anda yang error tadi, lalu buka softwarenya.Pilih drive micro sd kemudian pilih pilihan Create New Or Replace Existing Configuration.Eject dan cabut kartu memori apakah sudah terdeteksi atau belum.

7. Cek Kerusakan Kartu Memori Di PC

Masih error? tenang saja ada cara penanganan lanjutannya kok.  Ini merupakan salah satu cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Cek kerusakannya saja melalui PC. Setelah mengetahui kerusakan pada kartu memori mungkin anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk menanganinya.

Ini juga merupakan salah satu cara memperbaiki memory card yang tidak bisa diformat pada android. Untuk cara pengecekannya yakni :

● Hubungkan handphone anda menggunakan kabel data.
● Jika handphone anda android pastikan terhubung dalam mode mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
● Buka windows explorer, klik kanan pada drive memory card anda, kemudian pilih Properties > Tools > Error Checking, Terakhir klik Start. Tunggu hingga semua proses selesai.


● Eject kartu memori dan cek apakah error sudah hilang atau belum.

8. Cek Menggunakan Handphone Lain

Ini cara terakhir yang biasanya saya gunakan untuk mengetahui kerusakan kartu memori. Anda bisa mengetahui yang rusak apakah kartu memori atau slot memori pada handphone anda dengan menggunakan caranya. Cukup masukkan kartu memori pada handphone lain apakah terdeteksi/terjadi error apa tidak.

Jika tidak ada kerusakan berarti slot memori di handphone anda yang mengalami masalah, namun jika kartu memori yang error berarti kartu memori anda yang mengalami masalah. Mudah sekali bukan?.

Catatan :

Apabila anda masih bingung mengetahui kartu memori rusak dan anda sudah menggunakan segala cara untuk memperbaikinya namun belum bisa diatasi, mungkin ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan parah tersebut. Yakni :

● Kartu memori patah bagian dalamnya.
● Card reader untuk menghubungkan ke komputer rusak.
● Slot memori di handphone rusak.
● Sering mencabut memori dalam keadaan handphone masih menyala.
● Sering memindah kartu memori dari satu handphone ke handphone lain.

Anda harus menjaga kartu memori dengan sebaik mungkin karena melihat bentuknya yang kecil dan rentan mengalami rusak/patah.

Sekian informasi mengenai cara memperbaiki memory card dengan beberapa cara yang saya ketahui, jika anda mempunyai cara sendiri selain 8 cara diatas tidak ada salahnya mencoba. semoga bermanfaat buat anda semua. Sekian, jangan sungkan-sungkan untuk berkunjung kembali ke Makpulsa ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memory card HP anda rusak? Jangan dibuang dulu, pakai cara ini [Kartu SD]"

Posting Komentar