Pengertian dan Manfaat DA PA Untuk Sebuah Blog

Pengertian DA dan PA untuk blog
DA PA
Di dalam sebuah SEO (Optimasi Search Engine) tentu kalian mengenal yang namanya Page Authority dan juga Domain Authority dalam suatu website. PA dan DA tersebut adalah sebuah penanda yang menunjukan kepada kita seberapa berkualitas sih website atau blog pribadi kita maupun teman-teman kiita di search engine.

Tidak banyak orang yang tahu mengenai perbedaan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). DA dan PA sebenarnya masih bersinggungan dan erat kaitannya dengan SEO. Sebab, DA dan PA ini adalah tolak ukur sebuah situs web apakah situs web tersebut berkualitas atau tidak. Hampir sama dengan PageRank Google, DA dan PA diukur berdasarkan sebuah angka. Semakin banyak angka yang didapat, semakin bagus situs web tersebut. Jika PageRank Google hanya memberikan angka 10 bagi yang paling bagus, DA dan PA punya rank lebih besar lagi yakni sampai 100. Terus, sebenarnya apa pengertian dan perbedaan domain authority dan page authority?

Domain Authority
Domain Authority/Otoritas Domain yang biasa disingkat menjadi DA merupakan sebuah tolak ukur untuk sebuah domain situs web secara keseluruhan. DA ini akan mengukur kekuatan nama sebuah domain di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan yandex. Semakin tinggi nilai DA, semakin berkualitas pula situs webnya.

Ada 3 faktor yang bisa kalian ketahui untuk menilai DA yakni:

1. Umur domain: menunjukkan sudah berapa lama domain tersebut bertahan di internet. Semakin lama umur domain maka semakin baik. sebab ini menunjukkan konsistensi pemilik dalam mempertahankan situs webnya.

2. Popularitas domain: semakin banyak backlink atau inbound link yang mengarah pada situs web, semakin populer pula situs web tersebut. Dengan kepopuleran ini, nilai DA akan semakin tinggi karena dianggap berkualitas dan dipercaya oleh para pengguna.

3. Ukuran domain: faktor yang satu ini dinilai dari berapa banyak postingan atau konten yang ada dalam situs web kalian. Dengan semakin banyak postingan artikel, semakin banyak pula backlink yang masuk ke situs web. Cara tersebut bisa meningkatkan nilai DA.

Page Authority
Page Authority/Otoritas Halaman yang biasa disingkat menjadi PA merupakan sebuah tolak ukur untuk mengetahui satu halaman saja di sebuah situs web. Jadi, kalau DA mengukur kekuatan secara keseluruhan, PA mengukur kekuatan hanya satu halaman saja. PA yang tinggi menunjukkan kalau halaman tersebut sering muncul di mesin pencari.

Sebenarnya tidak ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk meningkatkan PA. Tingginya nilai PA memang benar-benar didasarkan dari konten situs web yang berkualitas. Untuk itu, supaya PA bisa terus naik kalian harus memperhatikan konten yang original, baru, dan menarik, backlink ke halaman tersebut, dan menggunakan Alt Text Images yang disertai dengan keyword.

Selain artikel/konten yang berisi banyak keyword tapi tetap natural, kalian juga perlu memperhatikan hal lain dalam halaman ini seperti title tags, headings, struktur URL, internal link, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mengecek DA dan PA?

DA dan PA diukur dari range 0-100. Nilai terbaiknya adalah 100. Untuk mengetahui berapa nila DA dan PA situs web kalian, silakan coba copy link di bawah ini dan masukkan link situs web kamu.

https://moz.com/researchtools/osehttps://websiteseochecker.com/domain-authority-checker

Pentingkah Peringkat DA dan PA?
PA dan DA sangatlah penting dalam teknik SEO, dan sudah banyak sekali para master SEO mencari PA dan juga DA yang bagus untuk menanam link supaya bisa meningkatkan rangking website mereka di dalam mesin pencari. Mesin pencarian, khususnya Google sangat menyukai website dengan nilai PA dan DA yang tinggi, hal inilah yang menjadikan banyak website berlomba-lomba untuk bisa muncul di halaman 1 pencarian Google supaya bisa terus berada di posisi 1 tersebut.

Kesimpulan
Nah, bagi sobat yang hendak menaikkan ranking situs web di mesin pencari, sebenarnya DA dan PA sama pentingnya untuk dioptimalkan. Peran DA dan PA ini bisa dianalogikan seperti: DA sebagai rumah dan PA sebagai kamar. Rumah memang harus bagus, baik dari luar maupun dari dalam (ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur), tetapi alangkah lebih bagusnya lagi kalau kamar pun sama menariknya seperti yang terlihat di bagian luar rumah. Jadi, untuk mendongkrak dan mengoptimalkan suatu kinerja SEO, DA dan PA harus tetap berjalan beriringan.

Sekian dulu mengenai manfaat DA dan PA bagi blog. Semoga pembahasan diatas bisa kalian pahami dan terus semangat untuk bisa konsisten dalam mencapai puncak no.1 di pencarian google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat DA PA Untuk Sebuah Blog"

Posting Komentar