5 Tips Merawat Baterai Smartphone agar tidak cepat habis

Mengatasi baterai cepat habis
Baterai cepat habis
Makpulsa - Baterai adalah komponen paling vital pada sebuah smartphone. Saking pentingnya, baterai dapat diibaratkan sebagai nyawa. Jika baterai rusak, otomatis perangkat tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Karena, energi yang digunakan pada smartphone didapat dari baterai.

Ada banyak jenis baterai di dunia, namun pada smartphone umumnya menggunakam baterai berjenis Lithium-Ion dan Lithium-Ion Poly. Kedua jenis baterai ini lazim digunakan pada gadget masa kini, khususnya yang berbasis android.

Ngomong-ngomong soal baterai, salah satu permasalahan yang timbul bagi pengguna android adalah baterai yang cepat habis. Hal ini tidak bisa dianggap remeh. Terutama untuk anda yang menggunakan android untuk keperluan sehari-hari seperti bekerja, belajar dan aktivitas lain secara terus menerus.

Baterai yang boros akan mengurangi waktu pakai smartphone. Tentunya hal ini bisa menghambat produktuvitas anda sehari-hari. Nah, jika anda memiliki masalah baterai yang boros, berikut saya bagikan Cara Ampuh Menghemat Baterai Android.


Cara Menghemat Baterai Android Agar Awet

1. Kontrol Kecerahan Layar

Cara pertama adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar secara optimal. Cobalah untuk menurunkan kecerahan layar anda, terutama saat berada di tempat gelap. Selain kurang baik untuk mata, tingkat kecerahan layar yang tinggi juga akan menambah konsumsi daya baterai anda.

Anda juga bisa mengaktifkan fitur "Grayscale" agar konsumsi baterai di perangkat anda berkurang. Caranya gampang, cukup masuk ke pengaturan lalu pilih menu "Pilihan Pengembang". Selanjutnya cari opsi "Simulasi Ruang Warna" dan pilih "Monokrom".

2. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper atau Wallpaper hidup memang terlihat bagus menghiasi layar smartphone kita. Namun, dibalik itu semua Live Wallpaper dapat menyebabkan penggunaan baterai berlebihan. Pada akhirnya baterai di smartphone akan cepat habis. Hal ini dikarenakan Live Wallpaper berjalan secara terus menerus bahkan dibelakang layar sekalipun. Karena itu, cobalah untuk tidak menggunakan Live Wallpaper.

3. Matikan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Android menawarkan berbagai aplikasi yang bisa diinstal. Semua itu semata-mata untuk memudahkan kita dalam penggunaan perangkat android. Namun, ada beberapa aplikasi yang justru dapat membuat daya baterai android kita cepat habis. Aplikasi tersebut biasanya yang memiliki izin untuk mulai otomatis dan berjalan di latar belakang. Apabila Anda tidak ingin kehilangan daya baterai yang di akibatkan oleh aplikasi yang berjalan dilatar belakang (background) berikut tips cara mengatasainya:

Cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan > baterai > penggunaan baterai. Nah, disana anda bisa memonitor aplikasi apa saja yang menggunakan baterai secara berlebih. Jika diperlukan, anda bisa memberhentikan aplikasi tersebut.

4. Non-aktifkan Fitur Komunikasi Yang Tidak Diperlukan

Ada kalanya kita membiarkan Wifi, Bluetooth, GPS, Hotspot Portable, atau bahkan Data Seluler dalam kondisi menyala. Padahal, kita tidak sedang menggunakan fitur tersebut. Jika anda masih melakukanya, dan baterai android cepat habis, mungkin itu sumber penyebabnya.

Perlu diketahui mengaktifkan fitur tersebut akan semakin menambah konsumsi daya pada baterai. Karena itu, coba untuk mematikan fitur komunikasi yang sedang tidak digunakan.

5. Non-aktifkan Notifikasi Yang Tidak Perlu

Notifikasi atau pemberitahuan memang satu hal yang sangat penting. Terutama jika berasal dari e-mail, Whatsapp, atau aplikasi perpesanan lain. Pada Whatsapp misalnya, dengan adanya pemberitahuan pesan masuk, akan mempermudah kita dalam mendapat informasi secara cepat. Namun, jika notifikasi tersebut berasal dari aplikasi yang kurang penting ada baiknya anda menon-aktifkanya segera. Karena, hal tersebut bisa menambah kerja perangkat sekaligus memakan daya baterai anda.

Terakhir, jika anda melihat aplikasi penghemat baterai di Playstore. Saran saya tidak perlu diinstal, apalagi jika anda termasuk pengguna smartphone yang aktif. Karena, bukannya menghemat baterai, dibeberapa kasus justru aplikasi tersebut semakin menambah konsumsi daya baterai sehingga baterai akan cepat habis.

Demikian tips menghemat baterai android agar tahan lama, semoga dengan menggunakan cara ini hp android tidak cepat boros daya baterai dan bisa digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Merawat Baterai Smartphone agar tidak cepat habis "

Posting Komentar